Rabu, 06 November 2013

Cara Perawatan Parquet Jati Agar Semakin Indah Dan Semakin Solid

 Parquet solid jati pada dasarnya tidaklah memerlukan perawatan yang terlalu intensif karena kayu jati memiliki tingkat ketahanan terhadap berbagai cuaca yang terjadi. Namun jika anda menginginkan lantai kayu jati ini tetap indah maka proses perawatan pun diperlukan bahkan jika perawatan ini dilakukan secara rutin, bukan tidak mungkin keindahan lantai kayu ini bertambah bahkan akan lebih indah jika dibandingkan pada awal pemasangan. Sebagai sebuah referensi saja agar lantai kayu jati semakin indah dibawah ini akan dijelaskan beberapa cara perawatannya baik untuk perawatan harian untuk keindahan sehari hari ataupun perawatan jangka panjang agar lantai kayu semakin indah dan tetap solid.



Adapun untuk perawatan parquet solid jati tersebut agar tetap solid dan keindahannya semakin bertambah adalah sebagai berikut :

  • Selalu membersihkan lantai kayu secara rutin setiap hari dengan menggunakan vacuum cleaner atau menggunakan sapu yang memiliki bulu lembut agar tidak merusak permukaan lantai kayu jati tersebut. Setelah membersihkan lantai kayu, lanjutkan dengan lap kering agar debu debu yang tersisa terangkat dengan sempurna.

  • Jika terjadi genangan air pada lantai kayu ini, segera bersihkan dengan menggunakan kanebo. Kanebo ini bersifat dapat menyerap basah dengan sempurna sehingga basah akan dapat diangkat dengan baik. Perlu anda tahu, genangan air yang dibiarkan dapat melapukkan kayu yang dapat menimbulkan tekanan yang tidak seimbang dan akhirnya lantai kayu akan terlepas.

  • Hindari membersihkan lantai kayu dengan menggunakan air walaupun lantai telah dilapisi dengan anti gores. Hal ini dilakukan agar keawetan lantai kayu dapat tetap terjaga karena jika rembesan air masuk ke dalam pori pori lanati kayu akan menimbulkan pengelupasan pada lantai kayu ini.

  • Jika anda ingin memindahkan benda berat di atas lantai kayu, lakukan dengan cara diangkat jangan didorong karena jika dilakukan dengan cara didorong berpotensi terjadi cacat atau goresan pada permukaan lantai kayu yang akhirnya lantai kayu pun rusak.

  • Lantai kayu jati solid sebaiknya selalu dilakukan waxing secara berkala setiap bulan dengan menggunakan pengkilap kayu dan setiap setahun sekali dilakukan coating ulang agar lantai kayu tetap terawat.

  • Jika lantai kayu jati solid ini terkena noda yang membandel, maka cara membersihkannya adalah dengan menggunakan air perasan lemon atau dengan menggunakan belimbing wuluh kemudian lap dengan menggunakan lap bersih. Selain itu anda juga dapat memanfaakan white vinegar untuk membersihkan noda yang membandel ini.

  • Pilihlah lantai kayu jati yang telah dilapisi oleh bahan kimia anti rayap pada setiap potongannya. Walaupun kayu jati memiliki kekuatan anti raya yang cukup baik, alangkah baiknya jika anda memaksimalkan dengan menyuntikan zat kimia anti rayap pada setiap potongan kayu jati tersebut.

  • Lakukan steam setiap enam bulan sekali agar warna dan kebersihan lantai kayu jati solid ini dapat terjaga dengan sangat baik.

Itulah beberapa proses perawatan parquet solid jati agar lantai kayu ini tetap terjaga keindahnnya dan tetap indah walaupun telah berumur lama menghiasi lantai rumah anda.

Alasan Parquet Solid Jati Banyak Dipilih Untuk Lantai Kayu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar